Masa Pandemi, SMKN 1 Kraksaan Tetap Torehkan Prestasi

PANDEMI boleh saja memaksa semua kegiatan belajar mengajar diakukan secara daring. Namun, kondisi ini tidak menyurutkan semangat guru serta siswa SMKN 1 Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, untuk tetap berkompetisi dan mengukir prestasi.

Berbagai penghargaan diraih SMKN 1 Kraksaan. Baik yang diiikuti secara offline maupun online. Terbaru, siswa SMKN 1 Kraksaan, berhasil keluar sebagai juara 1 LKS Wilayah Kerja 2 Jawa Timur Bidang Lomba Marketing Online. Prestasi ini berlanjut hingga ke LKS Provinsi Jawa Timur pada 28 Mei 2021.

Sebelumnya, pada November 2020, prestasi membanggakan juga ditorehkan siswa SMKN 1 Kraksaan. Salah satu mereka keluar sebagai juara 2 Olimpiade Ekonomi dalam kegiatan Olimpiade Online Indonesia (ONESIA) Tingkat Nasional. Prestas ini diraih setelah sebelumnya meraih juara 2 dalam Lomba LKS Alfamart Class Tingkat Jawa Timur di Tulungagung.

Di bidang nonakademik, siswa SMKN 1 Kraksaan, juga mampu menjadi yang terbaik. Baik di tingkat kabupaten, provinsi, dan nasional. Di tingkat nasional, siswa berhasil meraih peringkat pertama Lomba Poster Infografis (Wira) pada Kegiatan Laga Paramaduta XIII yang digelar Ektrakurikuler PMR pada Oktober 2020.

KOMPETENSI: Siswa mengikuti Uji Kompetensi Keahlian Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran, bekerja sama dengan PT. Maspion IT.

Tak hanya siwa, guru SMKN 1 Kraksaan, juga tidak ketinggalan. Mereka juga berhasil mampu membuat nama sekolah yang berdiri sejak 1980 ini semakin harum. Lewat ajang Lomba Apresiasi Guru Inspiratif Indonesia 2020, keluar sebagai juara favorit.

Kepala SMKN 1 Kraksaan Sumariyadi, S.Pd., M.M., melalui Waka Humas SMKN 1 Kraksaan Aminatus Zuhriyah, S.Pd., mengatakan, pada tahun ajaran baru tahun 2021/2022, pihaknya kembali membuka Kelas Industri Nonreguler. Yakni, Telkom Fiber Optic Class dan Alfamart Class. Dua kelas ini menjadi kelas unggulan dari SMKN 1 Kraksaan.

SMKN 1 Kraksaan bersama Telkom melakukan kerja sama selama dua tahun. Membuat kelas Telkom Fiber Optic Class. “Karena, di masa pandemi saat ini, proses pembelajaran dan kegiatan praktik masih dilakukan secara daring. Nanti pengujinya juga dari Telkom dan arahnya juga ke arah rekrutmen,” ujar Aminatus Zuhriyah.

Diketahui, SMKN 1 Kraksaan, merupakan sekolah pilot project akreditasi daring se-Indonesia dengan nilai A. Sekolah ini mempunyai enam jurusan kelas. Meliputi: Bisnis Daring Dan Pemasaran, Akuntansi dan Keuangan Lembaga; Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran; Multimedia; Teknik Komputer dan Jaringan; serta Rekayasa Perangkat Lunak.

“Untuk Alfamart Class masuk di kelas Bisnis Daring dan Pemasaran. Telkom Fiber Optic Class masuk dalam Teknik Komputer dan Jaringan. Laboratorium masing-masing sudah tersedia. Jadi, selain belajar secara teori, siswa juga belajar praktek,” jelasnya.

Aminatus Zuhriyah menambahkan, di kelas Alfamart Class, pembelajarannya dibimbing langsung oleh Alfamart. “Baik proses seleksi sampai ujian akhir, diuji langsung dari pihak Alfamart. Hingga terakhir nanti ada seleksi penempatan bekerja di kelas XII, untuk ditempatkan di wilayah Kabupaten Probolinggo,” ujarnya.

Sementara itu, jalinan kerja sama terus dilakukan SMKN 1 Kraksaan. Salah satunya dengan PT. Maspion, pada Oktober 2020. Sebagai tindak lanjut dari kerja sama itu, dilaksanakan kegiatan uji kompetensi. Di antaranya, uji kompetensi keahlian Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran serta Jurusan Teknologi dan Informatika (Teknik Komputer dan Jaringan; Multimedia; dan Rekayasa Perangkat Lunak), pada 6 Maret 2021.

Ke depan, juga akan dikembangkannya bank mini untuk Jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga, penjualan produk Maspion, tempat uji kompetensi, dan terserapnya alumni di kegiatan rekrutmen. “Kerja sama dengan berbagai stakeholder terus kami jalin. Kami tetap semangat meski masih dalam masa pandemi. Kami berusaha untuk selalu terus berprestasi, terutama dalam kaitannya dengan merdeka belajar,” ujar Aminatus Zuhriyah. (dic/adv)

Sumber: https://radarbromo.jawapos.com/daerah/kraksaan/04/05/2021/masa-pandemi-smkn-1-kraksaan-tetap-torehkan-prestasi/

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *