Rintisan Kerjasama Iduka PT Citra Prestasi Gemilang dengan SMK Negeri I Kraksaan

Pada hari senin, tanggal 25 Oktober di SMK Negri 1 Kraksaan di selenggarakan sosialisai rintisan kerjasama Iduka yakni PT. Citra Prestasi Gemilang Dengan SMK Negeri 1 Kraksaan.
Dari PT Citra Prestasi Gemilang Diwakili oleh Ibu Sri Sudarwati selaku Direktur Utama PT.Citra Prestasi Gemilang dibantu oleh beberapa tim yang menyampaikan program kerjasama pengembagan TEFA OTKP sebagai pusat keunggulan sekolah
Tim Manajamen yang turut hadir pada kegiatan tersebut yaitu Waka Humas, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Waka Sarpras, Kaproli dan Kakomli setiap jurusan sangat menyambut baik dengan diadakannya rintisan kerjasama dengan IDUKA, Sambutan yang Pertama disampaikan oleh bu rini yuliastuti dimana beliau menyambut baik terkait program pengembangan Teaching Factory di SMK khususnya pada jurusan OTKP dan berharap kedepannya ada program guru tamu, pelatihan untuk guru dan pemagangan bagi siswa jurusan OTKP.
Sambutan yang kedua dari bapak kepala sekolah SMK Negeri 1 Kraksaan, beliau berharap dengan adanya program kerjasama dengan IDUKA bisa meningkatkan kompetensi anak didik terutama kompetensi yang sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan dunia industry, beliau juga berharap dengan adanya kerjasama yang baik dengan IDUKA bisa menjadi solusi untuk mengatasi pengangguran khususnya bagi lulusan SMK.
Dengan adanya kerjasama dengan IDUKA dalam hal ini dengan PT. Citra Prestasi Gemilang bisa Memberikan Energi positif bagi jurusan OTKP dimana selama ini kesulitan untuk mencari patner industry dalam pengembangan TEFA dan Sinkronissasi kurikulum berbasis industry, para guru yang hadir pada acara atau keigatan tersebut mulai tercerahakan terkait program apa yang bisa dikembangkan bagi jurusan OTKP.
Dari materi yang disampaikan bahwa jurusan OTKP bisa mengembangakan TEFA pada sector jasa yaitu salah satunya Event Organizer, Online Travel Agent dan tidak lupa pula yang mendukung dalam karir yaitu kemampuan berbahasa inggris sehingga diperlukan upgrading skiil terkait kemampuan bahasa inggris pada jurusan OTKP.
Dengan adanya kemampuan atau ilmu Event organizer, Online Travel Agent akan memberikan nilai tambah terhadap lulusan OKTP, bisa bersaing didunia kerja dan memiliki kemampuan atau komptensi yang bisa bersaing dan diperhatikan di pasar global.
Dengan adanya kegiatan ini tentunya para guru dan tim manajemen sangat senang sekali, harapannya kerjasama seperti ini bisa terus berlanjut bukan hanya singkronisasi kurikulum, atau pengembangan TEFA akan tetapi bisa juga berlanjut dengan kerjasama yang lain seperti guru tamu, pemagangan, baik itu untuk guru atau pun pemagangan untuk siswa.
Pembelajaran yang bisa diambil dari kegiatan tersebut yaitu, kita selaku yang bergerak dalam bidang pendidikan khususnya guru harus selalu siap dengan perkembangan zaman atau perkembangan teknologi dan harus selalu menyadari bahwa segala sesuatu akan selalu berubah tinggal bagaimana kita menyikapi perubahan tersebut dengan baik.
Ada beberapa hal yang bisa mulai diterapkan disekolah sesuai dengan apa yang disampaikan oleh bu sri sudarwati selaku direktur PT. Citra Prestasi Gemilang dan skaligus juga sebagai trainer tingkat kementerian yaitu harus selalu semangat dan optimis bisa dimulai dari perbaikan sikap menganggap bahwa IDUKA itu sebagai partner sekolah untuk saling bekerjasama mewujudkan lulusan yang unggul dan berprestasi.
Penulis

Akhmad Syafi’i, SPd
Guru OTKP

By admin