Mengurangi Sampah dan Menebar Kebaikan: Safari Ramadhan oleh Ekstrakurikuler PMR, KKR & PIK-R SMK Negeri 1 Kraksaan

Kegiatan Safari Ramadhan diadakan oleh ektrakulikuler 3r ( pmr, kkr & pik-r ) yang juga bergabung dengan ektrakulikuler musik, organisasi adiwiyata laskar sobat bumi smk negeri 1 kraksaan dan didukung oleh organisasi osis smk negeri 1 kraksaan, yang diadakan pada tanggal 04 – 10 april 2023. kegiatan ini meliputi berbagai kegiatan lainnya seperti

bazar ramadhan yang dilaksanakan dari tanggal selasa 4 – minggu 9 april 2023. menurut kak helman selaku pelatih ektrakulikuler pmr, kkr & pik-r ” kegiatan ini menjadi tempat kita untuk belajar berwirausaha, karena lulusan smk diharapkan bisa bekerja dan berwirausaha sendiri. “

Aksi sosial bagi-bagi takjil pada Kamis, 6 April 2023. Aksi tersebut dilakukan di sekitar area sekolah dan melibatkan anggota ekstrakurikuler PMR, KKR & PIK-R , Kegiatan bagi-bagi takjil ini mendapat sambutan positif dari masyarakat sekitar. Banyak warga yang merasa senang dan terbantu dengan adanya aksi sosial ini. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi kesempatan bagi siswa dan siswi SMK Negeri 1 Kraksaan untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat dan mengamalkan nilai-nilai kebersamaan, solidaritas, dan kepedulian sosial.

Sosialisasi upaya pengurangan timbulnya sampah, pada hari sabtu, 8 april 2023. kolaborasi antara pmr, kkr & pik-r smk negeri 1 kraksaan dengan organsasi adiwiyata laskar sobat bumi smk negeri 1 kraksaan. jadi, dalam usaha kita untuk menyampaikan kemasyarkat luas pentingnya mengurangi sampah demi masa depan, bermodalkan stiker kader adiwiyata ini membagikan stiker tersebut sekaligus menyampaikan dan menjawab pertanyaan masyarakat terkait sampah ini, menurut pak Mirwan Akkbarizal Wimas, S.Pd., Gr selaku pembina adiwiyata smk negeri 1 kraksan “kegiatan ini merupakan langkah positif yang mendukung visi sekolah dalam berbudaya lingkungan dan untuk mendukung program pokja Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah.”
Di hari yang sama, ekstrakulikuler musik juga turut berperan dalam menampilkan berbagai lagu yang sudah dilatih sebelumnya, guna menarik pengunjung bazar sekaligus memamerkan karya siswa-siswi SMK Negeri 1 Kraksaan kepada masyarakat.

Selanjutnya, pada tanggal 9 April 2023, dilakukan tadarus Al-Quran di mushola Al Idris SMK Negeri 1 Kraksaan sebagai bentuk kegiatan keagamaan dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Santunan Anak Yatim pada Senin, 10 April 2023, di Mushola Al Idris SMK Negeri 1 Kraksaan. Sebanyak 11 anak yatim/piatu dipilih oleh panitia dari berbagai kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Seluruh anggaran santunan berasal dari para donatur guru/karyawan serta siswa/siswi SMK Negeri 1 Kraksaan. kegiatan ini menjadi bagian dari upaya sosial dan berbagi kebahagiaan dengan orang lain

Menurut Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Kraksaan, Drs. Ali Istihadi, M.T, Meskipun tidak dapat hadir dalam kegiatan santunan anak yatim, menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini dan memberikan kontribusi besar untuk kegiatan ini. Beliau juga berpesan untuk mendokumentasikan semua kegiatan dalam Safari Ramadhan ini, karena bisa menjadi daya tarik SMK Negeri 1 Kraksaan di luar sekolah.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan Safari Ramadhan, M. Dezki Rizaldi, yang juga menjabat sebagai Ketua Ekstrakulikuler KKR SMK Negeri 1 Kraksaan periode 2023/2024, mengaku sangat senang dengan diadakannya kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini melibatkan berbagai ekstrakulikuler dan organisasi yang biasanya beroperasi secara mandiri, namun dalam Safari Ramadhan ini semua bergabung demi kebersamaan. Ia berharap kedepannya akan ada lebih banyak lagi kerjasama antar ekstrakulikuler untuk mengadakan kegiatan, karena hal ini akan membuat SMK Negeri 1 Kraksaan menjadi lebih maju. Rizaldi juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, terutama kepada pihak OSIS yang banyak berkontribusi dan mendukung kegiatan ini.

(Penulis: Rizaldi XI BDP 1 & Hellen X AKL 2)

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *