Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran

Program Keahlian Manajemen Perkantoran  SMK Negeri 1 Kraksaan adalah program keahlian yang bertujuan untuk menyiapkan siswa/tamatan yang berkompeten dibidang Manajemen Perkantoran yaitu proses pengolahan data dan informasi suatu perusahaan dan lembaga untuk menghasilkan laporan administrasi bagi pihak pihak yang berkepentingan atau pihak-pihak yang membutuhkan.

Pembelajaran pada Kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran menitik beratkan pada pembelajaran administrasi perkantoran secara manual dan administrasi perkantoran secara komputerisasi.

Adapun jabatan/bidang pekerjaan bagi tamatan kompetensi keahlian otomatisasi dan tata kelola perkantoran adalah

  • Menangani penerimaan/pengiriman surat/ dokumen/ korespondensi
  • Mengatur otomatisasi tata kelola keuangan
  • Membaca dalam bahasa inggris pada tingkat operasional dasar
  • Memproduksi dokumen di komputer
  • Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
  • Menggunakan otomatisasi tata kelola sarana da prasarana
  • Mengelola kearsipan
  • Menerapkan produk kreatif dan kewirausahaan
  • Menciptakan otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan
  • Menulis dalam bahasa inggris pada tingkat operasional dasar
  • Memelihara otomatisasi tata kelola kepegawaian
  • Mengakses data di komputer/ simulasi dan komunikasi digital
  • Membuat surat/dokumen elektronik
  • Mengakses informasi melalui homepage

Standar kompetensi Lulusan Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran merupakan kesepakatan-kesepakatan tentang kompetensi keahlian yang diperlukan pada suatu bidang pekerjaan administrasi oleh seluruh “stakeholder” di bidang administrasi yang terdiri lembaga sekolah ,pendidik dan Du/di yang mana terjabar sebagai berikut :

Sesuai Kualifikasi dalam KKNI,  kemasan  SKKNI  Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran untuk memastikan dan memelihara kompetensi dan acuan dalam melaksanakan kompetensi bidang administrasi pada kualifikasi II yang diuraikan sebagai berikut.

Untuk mendapatkan Kualifikasi Level II Bidang  Administrasi Perkantoran,   kompetensi yang harus dicapai dengan total  25( Dua Puluh Lima) unit kompetensi .

5.1. Rincian Unit Kompetensi Inti :

NO KODE UNIT JUDUL UNIT
1 N.821100.001.02 Menangani Penerimaan/ Pengiriman Surat/ Dokumen
2. N.821100.002.02 Mengatur Penggandaan/ Pengumpulan Surat/Dokumen
3. N.821100.003.02 Menciptakan Dokumen/ Lembar Kerja Sederhana
4. N.821100.004.02 Memproduksi Dokumen
5. N.821100.012.01 Mengelola Jadwal Kegiatan Pimpinan
6. N.821100.013.02 Mengatur Rapat/Pertemuan
7. N.821100.028.02 Mengaplikasikan Keterampilan Dasar Komunikasi
8. N.821100.029.02 Melakukan Komunikasi Melalui Telepon
9. N.821100.030.02 Melakukan Komunikasi Lisan dengan Kolega/Pelanggan
10 N.821100.032.02 Melakukan Komunikasi Lisan dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
11. N.821100.033.02 Membaca dalam Bahasa Inggris pada Tingkat Operasional Dasar
12. N.821100.045.02 Memberikan Layanan kepada Pelanggan
13. N.821100.049.02 Memenuhi Kebutuhan Pelanggan
14. N.821100.053.02 Memproduksi Dokumen di Komputer
15. N.821100.054.01 Menggunakan Peralatan Komunikasi
16. N.821100.056.02 Memelihara Data/file di Komputer
17. N.821100.057.02 Mengoperasikan Aplikasi Perangkat Lunak
18. N.821100.058.02 Mengakses Data di Komputer
19. N.821100.059.02 Menggunakan Peralatan dan Sumberdaya Kerja
20. N.821100.060.01 Membuat Surat/Dokumen Elektronik
21. N.821100.061.01 Mengakses Informasi melalui Homepage
22. N.821100.067.01 Melakukan Transaksi Perbankan Sederhana
23. N.821100.073.02 Mengelola Arsip
24. N.821100.075.02 Menerapkan Prosedur K3 Perkantoran
25. N.821100.076.02 Meminimalisir Pencurian