Kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 1 Kraksaan bertujuan untuk mempersiapkan siswa menjadi tenaga terampil dibidang pemograman software. Siswa dibekali kemampuan dasar instalasi hardware dan software komputer, penguasaan bahasa pemograman (Java, C++, PHP, dsb), dan pengolahan database (Microsoft Acces, MySQL, dsb) sehingga diharapkan siswa dapat kompeten dalam :
- Merakit, Menginstalasi, Merawat, dan Memperbaiki Personal Computer (PC)
- Menerapkan teknik elektronika berbasis analog dan digital dasar
- Menginstalasi sistem operasi dan menginstalasi aplikasi-aplikasi komputer baik opened source ataupun closed source.
- Merancang dan membuat basis data
- Menginstalasi jaringan lokal dan mengoperasikan jaringan wired dan wireless
- Merancang, membuat, mengelola dan memelihara aplikasi website dinamis
- Merancang, membuat, mengelola dan memelihara basis data dan aplikasi berbasis desktop client-server.
- Merancang berbagai perangkat lunak berbagai platform dengan berbagai teknik pemodelan perangkat lunak.
Mengoperasikan sistem operasi jaringan komputer dan membuat aplikasi berbasis desktop maupun web
Rincian Unit Kompetensi atau Uraian Tugas untuk KKNl Level II pada Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak adalah sebagai berikut :
NO | KODE UNIT | JUDUL UNIT |
KOMPETENSI UMUM DAN INTI | ||
1 | LOG.OO01.001.01 | Melakukan komunikasi timbal balik |
2 | LOG.OO01.002.01 | Menerapkan prinsip-prinsip keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungan kerja |
3 | LOG.OO01.004.01 | Merencanakan tugas rutin |
4 | LOG.OO02.001.01 | Menerapkan sistem mutu |
5 | LOG.OO02.003.01 | Melakukan pekerjaan yang membutuhkan kerja-sama tim |
6 | TIK.OP01.002.01 | Mengidentifikasi aspek kode etik dan HAKI dibidang TIK |
KOMPETENSI PILIHAN / FUNGSIONAL | ||
7 | J.620100.004.02 | Menggunakan Struktur Data |
8 | J.620100.005.02 | Mengimplementasikan User Interface |
9 | J.620100.007.01 | Mengimplementasikan Rancangan Entitas dan Keterkaitan Antar Entitas |
10 | J.620100.009.01 | Menggunakan Spesifikasi Program |
11 | J.620100.010.01 | Menerapkan Perintah Eksekusi Bahasa, Pemro-graman Berbasis Teks, Grafik, dan Multimedia |
12 | J.620100.011.01 | Melakukan Instalasi Software Tools Pemrogram-an |
13 | J.620100.012.01 | Melakukan Pengaturan Software Tools Pemro-graman |
14 | J.620100.017.01 | Mengimplementasikan Pemrograman Terstruk-tur |
15 | J.620100.018.02 | Mengimplementasikan Pemrograman Berorien-tasi Objek |
16 | J.620100.020.02 | Menggunakan SQL |
17 | J.620100.022.02 | Mengimplementasikan Algoritma Pemrograman |
18 | J.620100.023.02 | Membuat Dokumen Kode Program |
19 | J.620100.025.02 | Melakukan Debugging |
20 | J.620100.030.02 | Menerapkan Pemrograman Multimedia |
21 | J.620100.033.02 | Melaksanakan Pengujian Unit Program |
22 | J.620100.042.01 | Melaksanakan Konfigurasi Perangkat Lunak Sesuai Environment Development, Staging, Production) |
23 | J.620100.046.01 | Melakukan Logging Aplikasi |