Meremajakan Bumi Allah Ta’ala dengan Daur Ulang

“Daur ulang sampah”

Tanggal : 12 Oktober 2021

Hari : Rabu

Banyak sekali sampah yang ada di lingkungan sekolah terutama sampah botol plastik bekas yang berserakan dan sangat susah untuk diuraikan. Akan tetapi banyak sekali warga sekolah yang tidak menyadari manfaat dari sampah botol plastik bekas. Hingga pada akhirnya kader kader Adiwiyata mempunyai ide untuk mendaur ulang sampah botol plastik bekas menjadi pot tanaman, bunga, dan berbagai macam bentuk lainnya. Mendaur ulang diawali dengan memungut sampah botol plastik terlebih dahulu. Memungut sampah termasuk kebaikan yang menghantarkan seseorang masuk surga.

Dari Abu Barzah radhiallahu anhu, Aku berkata, “Wahai Nabi Allah, ajarkanlah kepadaku sesuatu yang dapat kuambil manfaatnya. Sabda beliau, ‘Singkirkan gangguan itu dari jalan orang-orang Islam’.” (HR Imam Muslim).

Hadis ini memberikan motivasi bahwa memungut sampah dan mengolah sampah bisa membuat seseorang masuk surga. Masuk surga karena perbuatan kecil tetapi dampaknya besar. Pada saat dihilangkan masalah itu maka banyak sekali yang mendapat keuntungan.

Orang yang kreatif untuk memodifikasi sampah, sama artinya dia telah menahan sampah tadi sehingga tidak berdampak buruk bagi orang lain. Begitu juga, dengan orang yang mendaur ulang sampah, dia telah menjadikan produk itu ke bentuk yang sama, tetapi tidak sampai menimbulkan kerusakan kepada orang lain.

QS. Ar-Rum Ayat 41

ظَهَرَ الْفَسَادُ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ بِمَا كَسَبَتْ اَيْدِى النَّاسِ لِيُذِيْقَهُمْ بَعْضَ الَّذِيْ عَمِلُوْا لَعَلَّهُمْ يَرْجِعُوْنَ

Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia; Allah menghendaki agar mereka merasakan sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

Maka dari itu alangkah baiknya jika kita mendaur ulang sampah, selain bermanfaat mendaur ulang sampah juga bisa mendapatkan pahala kebaikan. Barakallahu fiikum..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *