Merawat Bumi Allah Ta’ala

Kegiatan Kader Adiwiyata SMKN 1 Kraksaan merawat tanaman, pembibitan tanaman kangkung, dan penanaman pohon kemangi pada hari Jum’at, 24 September 2021 Alhamdulillah berjalan dengan lancar.

Allah SWT berfirman: Allah SWT berfirman:

يُنْبِۢتُ لَـكُمْ بِهِ الزَّرْعَ وَا لزَّيْتُوْنَ وَا لنَّخِيْلَ وَا لْاَ عْنَا بَ وَمِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ ۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰ يَةً لِّـقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

“Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.”
(QS. An-Nahl 16: Ayat 11)

Dalam hadits berbunyi,
“Nabi SAW bersabda, “Tak ada seorang muslim yang menanam pohon, kecuali sesuatu yang dimakan dari tanaman itu akan menjadi sedekah baginya, dan yang dicuri akan menjadi sedekah. Tak ada seorangpun yang mengurangi, kecuali itu akan menjadi sedekah baginya.” (HR. Muslim).

(Image: Kebun Kemangi)

Setiap orang punya pilihan, dan setiap manusia punya hak atas pilihannya. Setiap orang tidak harus menjadi panutan orang lain, tapi cukuplah segala pemikirannya akan membuat dirinya menjadi lebih baik, dan bermanfaat bagi sekitar. Menebar kebermanfaatan tidak berhenti dengan hanya membantu orang lain, banyak hal yang bisa dilakukan. Seperti menanam tumbuhan, merawat tumbuhan, dan lain sebagainya.

Semoga menjadi amal jariyah untuk kita semua.
Jazakumullah khair

Salam Sobat Bumi Pasti Lestari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *